Tuesday, October 13, 2009

Tugas Selling & Sales Management

1. Mengapa sales memiliki pengertian negatif?

2. Apa manfaat belajar sales (penjualan) bagi setiap orang..?

3. Apa persamaan sales & marketing? Sebutkan 5, beserta dengan penjelasannya!

4. Apakah ada perusahaan yang tidak memerlukan sales? Why or why not..?

Answer

1. Sales memiliki pengertian negatif karena telah tecipta suatu paradigma bahwa sales adalah pekerjaan yang rendah dan kebanyakan dari orang sales tidak bertanggung jawab atas pekerjaan mereka. Selain itu terkadang SPG suka berpakaian seksi (kurang sopan), cenderung suka memaksa customernya, terkadang juga membohongi/ memperdayai calon customernya, sehingga timbulah persepi bahwa sales merupakan pekerjaan yang negatif.

2. Manfaat belajar sales (penjualan) bagi setiap orang yaitu :

· Karena di dalam kehidupan ini pada dasarnya setiap orang membutuhkan sesuatu. Untuk itu harus ada seseorang yang ”menjual”.

· Kita bisa mengetahui bagaimana cara tepat yang harus digunakan untuk menarik (mempersuade) masyarakat atau calon customers untuk membeli produk yang kita jual.

· Kita dapat mengetahui karakter atau tipe-tipe customer pada saat kita memperkenalkan suatu produk yang kita jual supaya mereka tertarik untuk membeli produk tersebut. Ada beberapa orang yang dengan begitu cepatnya tertarik untuk langsung membelinya. Tetapi ada sebagian orang juga yang harus mencari tahu secara detail mengenai kualitas, kegunaan, harga dan sebagainya. Barulah calon customer kita yakin dan mau membeli produk kita.

· Kita bisa mengerti cara mana yang paling efektif untuk menjual dan memperkenalkan produk kita.

· Dengan mengerti strategi dalam penjualan,orang bisa dengan cepat memperoleh keuntungan menarik pelanggan untuk setia dengan produk kita dan strategi-strategi apa yang harus dijalankan dalam penjualan.

· Sales merupakan salah satu karier terbaik yang penghasilannya “sky is the limit”. Untuk itu setiap orang perlu untuk mempelajari sales.

3. Persamaan Sales & Marketing yaitu :

  • Baik sales maupun marketing sama-sama membutuhkan communication skills yang baik. Contohnya orang-orang sales maupun marketing harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik untuk mengkomunikasikan produk mereka.
  • Sama-sama mempersuade dan memperkenalkan produk ke customer terutama pada saat peluncuran produk baru.
  • Sama-sama menganalisa kebutuhan pelanggan dan akhirnya bisa memenuhi kebutuhan cutomernya, sehingga customer menjadi loyal terhadap produk kita.
  • Sama-sama bersifat menjual untuk memperoleh keuntungan (profit) bagi perusahaan.
  • Sama-sama mencari customer baru untuk memperluas market sharenya.

4. Tidak ada. Setiap perusahaan pasti memerlukan peran sales dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Karena setiap perusahaan pasti mempunyai bagian marketing, dan bagian marketing tersebut sangat bergantung pada sales. Selain itu sales merupakan penghubung langsung antara perusahaan dengan customer. Sales berguna untuk memperkenalkan produk (sales educators) ke khalayak masyarakat pada saat launching product baru, dengan begitu masyarakat bisa mengenal, membeli, dan setia terhadap produk kita. Perusahaan juga menginginkan produk tersebar luas dan ada di benak masyarakat, maka dari itu perusahaan menggunaan sales untuk menjelaskan secara detail dan meyeluruh tentang apa yang kita jual. Salah satu cara yang paling ampuh oleh perusahaan untuk mengenalkan produk secara detail, dari keuntungan dan kerugiannya, adalah dengan menggunakan sales.

No comments:

Post a Comment