Monday, September 21, 2009

Launching V'meLz Magazine




Cover Magazine



Latar Belakang


            Remaja merupakan salah satu generasi yang memegang andil yang cukup kuat pada era sekarang ini. Tak hanya di Indonesia, remaja pun sudah menjadi role model untuk berbagai kegiatan di dunia. Sebagai contoh, di dalam dunia fashion  yang dimana banyak sekali yang memproduksi baju-baju untuk remaja yang belakangan muncul menjadi tren baru.

            Di Indonesia sendiri remaja sudah menjadi generasi penerus bangsa yang semakin lama semakin kreatif dan berani. Remaja masa kini bukan lagi anak muda yang selalu bergantung pada orang tuanya. Tetapi sudah bisa mencari jati dirinya sendiri. Fakta nyata yang ada di Indonesia salah satunya adalah menjamurnya bintang-bintang muda berbakat yang mewarnai layar televisi di Indonesia. Remaja-remaja tersebut sudah menjadi opinion leader bagi anak-anak seusianya.

            Jika kita membicarakan mengenai kehidupan remaja, cukup banyak faktor penting yang terkait di dalamnya yang sangat menarik untuk dibahas. Seperti fashion, news, movie merupakan salah satu contoh dari banyak topik yang bisa dikaitkan dengan anak muda. Remaja di Jakarta juga sudah mengetahui dan mempelajari perkembangan dunia baik di dalam negeri maupun dari luar negeri.

            Media merupakan salah satu penyalur informasi yang dapat diakses oleh remaja-remaja sekarang ini. Keberdaan media saat ini dinilai cukup vital bagi remaja pada umumnya. Sebagai contoh, remaja sudah bisa terus mengikuti trend fashion yang up to date dengan mencari informasi lewat media.

            Dengan latar belakang tersebut, PT Indoco Luviness Media menerbitkan sebuah majalah khusus untuk remaja perempuani di Indonesia dengan nama V’melz! Magazine. Majalah ini dikhususkan untuk remaja perempuan di Indonesia agar mudah mendapatkan informasi dan trend dalam negeri maupun luar negeri secara mudah.


Visi dan Misi

 

Visi :

  • Menjadi media cetak dalam dunia remaja perempuan yang menyajikan informasi seputar dunia remaja yang up to date, dan sangat sesuai dengan kehidupan remaja di Indonesia.

 

Misi :

  • Menjadi majalah remaja khusus perempuan terbaik yang dicintai oleh para pembacanya.

Creative Strategy

 

Nama Majalah         : V’melz Magazine

Slogan                        : Magazine For Smart Girl !

Penerbit                     : PT. Indoco Luviness Media

Harga                         : Rp 24.500 (Pulau Jawa)

                                      Rp 25.500 (Luar Pulau Jawa)

 

What

What is V’meLz! magazine ?

            V’meLz! Magazine adalah sebuah majalah yang memfokuskan diri pada seputar kehidupan remaja perempuan. Majalah ini diterbitkan oleh PT. Indoco Luviness Media. Majalah ini berisikan informasi tentang remaja perempuan secara up date dan terpercaya.

            V’meLz! menyajikan informasi ke dalam rubik-rubik tetap yang ada di V’meLz! magazine seperti Features & Hilite, Fashion, Beauty & Health, Lifestyle, Monthly Routine, and Celebrity.

 

What makes V’meLz! Different with similar other magazine ?

            Salah satu strategi untuk membuat pembaca memilih untuk membaca V’meLz!  magazine dari pada majalah lainnya yang sejenis, V’meLz! Akan menampilkan yang berbeda. Pengemasan dan penyajian informasi sangat berpengaruh. Majalah ini berusaha untuk memberi informasi yang lebih mendalam seputar kehidupan remaja perempuan yang memiliki nilai pengetahuan yang lebih tinggi dan lebih berkelas.

Who

Who is the target audience ?

Berikut ini adalah profil target audience V’meLz! Magazine

Gender                     : Female

Age                           : 15 – 25 years

Occupation             : pelajar, mahasiswa

Distribution            : Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa

SES                           : A, B, C1

Life Style                 : Modern, Fashionable, Up to date, Mobile

Who are the editorial team ?

CEO                : Indah Permata Sari

Business Dirc : Shintya Priscila

Ed. In Chief & Creative Director   : Julia Putri

Managing Director : Nilam Sari

Feature Editor           : Indriyani Taslimin

Fashion Editor           : Deviyanti

Reporter                    : Dorris Jane

Fashion Assist            : Serly Veronica

Graphic Designer Coordination   : Steven Poo

Designer                    : Cori Wijaya

Photographer           : Darmie

Marketing                 : Albert Rambet

Promotion                  : Inka Christy

Accountant              : Yolla L.

Adminstration           : Mia Mirasih

HRD                    : Richa Valent.

Distribution                : Suhandy F

Website                     : Chanmoe L.

When

When is it published ?

Edisi pertama V’melz! magazine tebit pada bulan February 2009. V’meLz! magazine terbit setiap awal bulan. Proses penyusunan majalah dilakukan sejak tahun 2008. Setahun telah menjadi waktu yang cukup untuk mematangkan konsep majalah ini.

 

Where

Where is the office ?

            Kantor redaksi V’meLz! magazine terletak di Jl. Mediterania Gardenia Raya No. 17 – Jakarta Selatan.

 

Where is it distributed ?

            V’meLz! magazine di distribusikan ke beberapa kota besar di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Why

Why the central idea is V’melz ?

            V’melz! diambil dari kata female yang berarti perempuan/cewek. Majalah ini menyajikan semua informasi yang lengkap seputar cewek-cewek. Dan majalah ini dikhususkan hanya untuk perempuan saja.

 

How

How V’meLz! could survive ?

            Melihat begitu banyaknya competitor, V’meLz! magazine mencoba berbagai strategy untuk tetap bertahan dengan cara mengemas majalah V’meLz! Ini dengan menarik dan juga melalui kualitas informasi yang disajikan sangat up date dan terpercaya. Selain itu V’meLz! magazine juga akan memberikan bonus hadiah kepada pembaca pada bulan-bulan tertentu.

 

How much the price ?


SWOT ANALYSIS

 

Strength

  • V’melz magazine merupakan majalah khusus remaja perempuan yang di dalamnya berisikan content yang merupakan issue-issue seputar kehidupan remaja perempuan sekarang ini.
  • Konsep majalah ini jelas, informasi yang lengkap dan terfokus pada kehidupan remaja perempuan. Sehingga pembaca akan mempercayakan V’meLz Magazine sebagai sumber informasi yang akurat dan update.
  • Design grafis dan kualitas kertas yang tinggi, sehingga V’meLz! menjadi sangat menarik.
  • Tim redaksi yang berpengalaman baik dalam bidang jurnalistik, serta memiliki daya trend-analysis yang baik juga.
  • Harga terjangkau (ekonomis).
  • Ukuran majalah dibuat dalam ukuran yang praktis (tidak telalu besar) , sehingga mudah dibaca dan dibawa kemana saja.
  • Memiliki situs resmi yaitu www.v’melzmagazine.com yang dapat diakses oleh remaja di Indonesia.

 

Weakness

  • Belum banyak dikenal di masyarakat
  • Majalah ini masih tergolong baru, sehingga belum ada pembaca setia dalam jumlah yang besar.

 

Opportunity

·         Melakukan promosi supaya lebih dikenal oleh masyarakat.

·         Mengembangkan isi dari majalah ini, dibuat agar tidak membosankan supaya tidak kehilangan pembaca.

·         Memberikan diskon 20% bagi yang mau berlangganan.

 

Threats

·         Semakin banyaknya competitor dengan konsep majalah yang serupa dengan V’meLz!.

·         Munculnya competitor yang menawarkan majalah serupa dengan harga yang lebih murah dari V’meLz.

 

Distribution

 

Distribusi V’meLz Magazine akan dilakukan dengan cara :

·         Distribusi langsung ke toko-toko buku besar, seperti Gunung Agung, Kinokuniya, Gramedia, dan toko-toko buku lainnya yang terdapat di Pulau Jawa dan di Luar Pulau Jawa.

·         Distribusi melalui agen resmi yang terdapat di Pulau Jawa dan di Luar Pulau Jawa. Agen ini akan mendistribusikan majalah V’meLz! ke penjual-penjual majalah eceran, toko-toko buku dalam skala yang kecil, toko majalah kecil di pinggir jalan, dan sebagainya.

 

V’melz Magazine akan di distribusikan ke beberapa daerah di Indonesia seperti Pulau Jawa, Bali , Sumatra, Kalimantan, Sulawesi.

PULAU JAWA

Jakarta          2000    eksemplar

Bandung        1500    eksemplar

Semarang      850     eksemplar

Surabaya       850     eksemplar

Yogyakarta  850       eksemplar

------------------------------------------

Total                6000    eksemplar

 

LUAR PULAU JAWA

Bali                  1000    eksemplar

Sumatra         1500    eksemplar

Kalimantan    1000    eksemplar

Sulawesi         500     eksemplar

------------------------------------------

Total                4000    eksemplar

------------------------------------------

Subtotal     10000      eksemplar

 

Promotion

 

Promosi yang akan dilakukan oleh V’meLz! Magazine :

·         Membuat iklan poster di tempat umum

·         Membuat iklan di media cetak (Kompas)

·         Membuat iklan di internet

·         Membuat brosur

·         Membuat iklan di radio (Mustang, Prambors, Gen Fm, Hard Rock Fm, dll)

 

Technical Concept

 

Pemilihan Nama

            V’meLz! di ambil dari kata female yang berarti perempuan. Jadi nama V’meLz! merupakan kata yang paling tepat untuk menggambarkan keseluruhan ide sentral majalah ini yang dimana majalah ini dibuat khusus untuk remaja perempuan di Indonesia.

Kata yang digunakan sangat sederhana, namun tepat pada maksud utamanya, yaitu membuat pembaca remaja perempuan akan mudah mengenali dan memahami isi majalah ini.

 

Tipografi

Pada judul majalah, digunakan 3 jenis font

-          Tekton Pro

-          Brush Script Std

-          Hobo Std

 

Pemilihan Warna

            Warna pada judul/brand dipilih warna pink #ee5897 yang memberikan kesan feminine namun tidak telalu kaku. Selain itu, warna memberikan kesan lebih cerah. Dan warna pink juga salah satu warna yang disukai oleh perempuan dan sangat identik dengan perempuan.

 

Budgeting

 

Pemasukan

- 6000 x pulau Jawa @ Rp 24.500         Rp 147.000.000

- 4000 x luar pulau Jawa @ Rp 25.500  Rp 102.000.000

- Iklan front cover                          Rp   20.000.000

- Iklan Back cover                          Rp   25.000.000

- Iklan Back cover 2                        Rp   17.000.000

- Iklan Page 1                                  Rp   15.000.000

- Page 5 dst. ( 15 x Rp 5.000.000 )   Rp   75.000.000

Total pemasukan                             Rp 401.000.000

 

Pengeluaran

- Biaya Produksi                                Rp 300.000.000

- Biaya Operasional                          Rp   10.000.000

- Gaji pegawai                                 Rp    35.000.000

- Biaya Promosi                                 Rp    20.000.000

Total pengeluaran                            Rp 365.000.000

 

Profit : Rp 401.000.000 – Rp 365.000.000    Rp   36.000.000


No comments:

Post a Comment