Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain, sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang/jasa yang dipasarkannya.
Management adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisien.
Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan.
Efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal
Fungsi Promosi
1. Informing (Memberikan Informasi)
Promosi membuat konsumen sadar akan produk-produk baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra sebuah perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa. Promosi menampilkan peran informasi bernilai lainnya, baik untuk merek yang diiklankan maupun konsumennya, dengan mengajarkan manfaat-manfaat baru dari merek yang telah ada
2. Persuading (Membujuk)
Media promosi atau iklan yang baik akan mampu mempersuasi pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang ditawarkan. Terkadang persuasi berbentuk mempengaruhi permintaan primer, yakni menciptakan permintaan bagi keseluruhan kategori produk. Lebih sering, promosi berupaya untuk membangun permintaan sekunder, permingtaan bagi merek perusahaan yang spesifik.
3. Reminding (Mengingatkan)
Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Saat kebutuhan muncul, yang berhubungan dengan produk dan jasa yang diiklankan, dampak promosi di masa lalu memungkinkan merek pengiklan hadir di benak konsumen.
Periklanan lebih jauh didemonstrasikan untuk mempengaruhi pengalihan merek dengan mengingatkan para konsumen yang akhir-akhir ini belum membeli merek yang tersedia dan mengandung atribut-atribut yang menguntungkan.
4. Adding Value (Menambah nilai)
Terdapat tiga cara mendasar dimana perusahaan bisa memberi nilai tambah bagi penawaran-penawaran mereka, inovasi, penyempurnaan kualitas, atau mengubah persepsi konsumen. Ketiga komponen nilai tambah tersebut benar-benar independen. Promosi yang efektif menyebabkan merek dipandang lebih elegan, lebih bergaya, lebih bergengsi, dan bisa lebih unggul dari tawaran pesaing.
5. Assisting (Mendampingi upaya-upaya lain dari perusahaan)
Company Profile PT. Andalan Sejahtera
Pemilik : Ibu Renata
Berdiri Sejak : 2004
Alamat : Jl. Kedoya Raya No 30, Jakarta Barat 11520
Bidang : Keramik dan Granit
Promosi yang dilakukan oleh PT.Andalan Sejahtera
Setiap pembelian 50 box, gratis 2 box ( free )
untuk para retailer yang sudah loyal pada perusahaan ini biasanya diberikan diskon khusus sekitar 10-15 %.
Dengan berbagai diskon tersebut, kualitas produk perusahaan ini tetap terjaga.
Dampak Positif :
- Penjualan meningkat hingga 20%
- Perusahaan semakin dikenal dan diingat oleh masyarakat
- Semakin banyak pelanggan yang loyal kepada perusahaan.
- Membantu perusahaan untuk mengiklankan produk tersebut dengan biaya yang lebih sedikit.
- Permintaan bertambah
Dampak Negatif :
- Kompetitor semakin menurunkan harga, beberapa pelanggan berpindah kepada kompetitor.
- Profit perusahaan berkurang
- Pelanggan menuntut lebih banyak terus menerus.
- Kualitas sedikit diragukan oleh pelanggan.
Penyelesaian :
- Tetap menjaga kualitas produk tetapi tidak menaikan harga, sehingga pelanggan tetap setia kepada perusahaan.
- Tidak menjual barang – barang yang berkualitas kurang baik atau yang sudah out of date. Sehingga pelanggan beranggapan bahwa perusahaan kita mementingkan kualitas dibandingkan harga
- Tidak Memberikan jangka waktu pada promosi tersebut
No comments:
Post a Comment